Selasa, 04 November 2008

Contoh Kasus KM

Ada seorang manajer IT yang tugas nya luar biasa banyak, ia harus menghadiri rapat
diluar kantor dengan klien, memimpin IT project, dan seorang kepala rumah tangga
yang baik. Tidak lama ia sadari kalau ia telah kewalahan dengan tugas-tugasnya yang
luar biasa banyak, memang tidak berat, tapi jadwal yang ketat membuatnya susah
bahkan untuk sebuah makan siang sekalipun. Jadi ia mulai mempelajari KM, kemudian
ia terapkan dalam profesinya.
Jadi beginilah solusinya, ketika ia menghadiri rapat dan seminar, ia diberi kartu nama
oleh kliennya. Kartu nama itu masing-masing ia kumpulkan, ia beri tulisan A pada
belakang kartu jika kartu nama itu bermanfaat bagi profesinya dan untuk kepentingan
perusahaan. Ia beri tulisan B jika ia merasa kartu itu akan bermanfaat suatu saat nanti,
mungkin bisa saja menjadi calon kliennya, atau bisa pula ia mengikuti seminar yang
diselenggarakan dari kartu itu. Ia beri tulisan C jika kartu tidak ada hubungannya sama
sekali baik dengan perusahaannya, kliennya, atau dirinya.
Ketika perusahaan menuntut ia untuk mendapatkan supplier untuk klien nya yang saat
ini, ia keluarkan kartu nama dari kategori B, untuk dihubungkan dengan kategori dari A
yang saat ini adalah kliennya. Kemudian ia harus mencari distributor, ia keluarkan
kembali kartu nama dari kategori A. Masalah untuk kantor telah selesai, kemudian sore
harinya, anaknya akan merayakan ulang tahun, ia pun mengeluarkan kartu nama dari
kategori C, yang berisi penyelenggara pesta, penjual souvenir, penjual bunga dan
sebagainya. Iapun tinggal menelepon, dan pesta ultah anaknya pun berlangsung sukses.
Ia selalu mencatat masalah yang muncul di setiap IT project yang dikerjakan staffnya
dalam sebuah buku. Ia menyimpan email-email dari staffnya yang bertanya, dan
memberikan solusi yang kadang di jawabnya sendiri , atau di jawab oleh staff lain.
Kumpulan masalah dan solusi ini, ia jadikan seperti sebuah FAQ. Terciptalah sebuah
pengetahuan perusahaan yang kompeten, jadi ketika ada masalah yang serupa, tidak
perlu dijawab lagi, karena telah ada di FAQ.
Kasus diatas adalah contoh yang mudah, dan itu adalah individual. Apakah bisa
pembaca bayangkan apabila sebuah perusahaan menerapkan cara ini untuk semua
staffnya ? perusahaan akan mengirit banyak uang seminar dan pelatihan, staff pizza hut
akan mengetahui jalan potong tercepat untuk mengantarkan pizzanya, konsultan tidak
akan berkerenyit lagi jika ada masalah serupa, perusahaan web hosting bisa melakukan
market research untuk meningkatkan mutu dengan mencatat setiap keluhan dan
masukan dari klien. Dan masih banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari KM
Dalam sebuah program KM , yang menjadi pointnya adalah sistem pencarian yang
akurat. Apakah pembaca pernah mencoba www.google.com ? jadi ketika kita ingin
mencari tentang suatu solusi dari masalah tertentu, tinggal kita klik and search, atau
ingin mengetahui jalan potong tercepat? Gampang tinggal klik and search. Atau mau
tahu tentang jadwal penerbangan terbaru ? software agent akan mengirimkan ke email
kita.
Ada beberapa software yang telah mendukung KM,
• Lotus Notes
• Phpgroupware
• Phprojekt
• MS Project
Bisa pula dibangun dengan bahasa program tertentu kemudian digabung dengan
database yang handal yang mampu menangani pencarian kompleks, kemudian dipadu
lagi dengan program-program yang mempunyai kepintaran buatan, terakhir di polish
dengan interface yang memudahkan dan friendly bagi user maka akan jadi sebuah
sistem KM yang baru.
Jika perusahaan ingin menerapkan sistem KM, yang harus dipikirkan adalah
infrastruktur (hardware dan software) yang ada, biaya yang dikeluarkan, sistem reward
yang digunakan jika ada karyawan yang men-submit ilmunya, atau bisa juga ada sistem
punishment ? tapi tidak mungkin lah ada sistem punishment ini, karena para staff adalah
orang-orang bijakasana bukan ? Berbagilah pengetahuan, sebab jika pengetahuan
semakin diketahui oleh banyak orang, semakin kuatlah pengetahuan itu. Orang yang
berpikiran rendah, hanya akan mendapatkan hasil yang rendah, sedangkan orang yang
berpikiran tinggi akan juga mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar: