Selasa, 21 Oktober 2008

Knowledge Management di Indonesia

Kondisi “Knowledge Management” di Indonesia

Sektor Pemerintahan
Untuk sektor pemerintahan, Knowledge Management (KM) adalah sebuah hal yang baru. Organisasi di pemerintahan tidak siap dengan konsep KM. Kenapa pemerintah tidak siap untuk mengadopsi konsep KM ke dalam organisasinya? Karena KM ini mengharuskan pemerintah transparan dalam berbagai hal. Contohnya saja dalam pengelolaan, penggunaan, dan pengawasan keuangan negara, akibat tidak adanya transparansi maka pelanggaran khususnya korupsi dan penyalahgunaan anggaran negara semakin merajalela.
Setiap departemen yang terdapat dalam pemerintah saling menyembunyikan sistemnya, walaupun sekarang ini beberapa departemen telah melakukan transparansi. Hal ini yang membuat sistem yang terdapat dalam masing-masing departemen tidak terintegrasi yang menyebabkan sulitnya pengembangan KM di indonesia. Apabila, sistem yang terdapat dalam departemen pemerintahan saling terintegrasi, maka tidak mungkin hal seperti di atas dapat terjadi. Selain itu, dengan data yang benar maka pemerintah dapat pula mengawasi, melindungi dan melayani penduduknya dengan baik.
Ada beberapa departemen dan perusahaan BUMN yang telah melakukan KM. Contoh departemen keuangan yang telah meluncurkan website pajak untuk melayani masyarakat. Dimana dalam website ini memberikan berbagai macam informasi seputar pajak, baik itu cara mendaftarkan diri dan cara membayar pajak. Ini adalah salah satu bentuk peningkatan KM.
Untuk dunia pendidikan pemerintah harus lebih memperhatikan lagi KM-nya. Karena dalam pendidikan setiap kali terjadi pergantian presiden, maka kurikulum pun berganti. Hal ini tidak memberikan perkembangan yang baik. Karena seharusnya perkembangan tersebut bukan merupakan suatu pergantian. Tapi dalam pendidikan juga bisa di lihat adanya KM. Terlihat di luncurkannya website pendidikan di mana berisikan informasi mengenai sistem pendidikan layanan pendidikan.

Sektor Usaha

Perkembangan KM pada sektor usaha lebih maju. Karena konsep KM yang berada di indonesia di bawah oleh perusahaan-perusahaan Multinasional yang telah terlebih dahulu melakukan KM di tubuh perusahaannya. Karena mereka tahu manfaat KM untuk kemajuan perusahaan sangat besar. Untuk perusahaan lokal juga hanya beberapa yang telah mengadopsi konsep ini. Kenapa konsep ini belum begitu populer di kalangan perusahaan lokal? Karena mereka belum merasakan manfaat dari KM sendiri.
Untuk itu, pemerintah harus memberikan peranan aktif untuk mendorong penggunaan konsep KM di kalangan perusahaan lokal.

Sektor Pariwisata
Dalam Sektor pariwisatapun telah mengadopsi konsep KM. Walaupun baru berjalan beberapa tahun terakhir ini. Contohnya dengan melakukan program visit indonesia, meluncurkan website pariwisata dan diluncurkannya berupa mesin atm yang memberikan informasi mengenai daerah pariwisata tersebut.

Tidak ada komentar: