Minggu, 23 Desember 2007

HARD MODS

HARD MODS
Dl masa awal terbentuk Mods, ada satu faham yang rada berbeda dengan paham Mods pada umumnya. Faham ini sering disebut Hard Mods, yang nantinya berevolusi menjadi Skinheads generasi awal.
Penganut Hard Mods yang memiliki cirri potongan rambut pendek, lebih keras dan tangguh. Maklum, kebanyakan dari mereka datang dari kelas pekerja.
Potongan rambut pendek ini dipilih karena dua alasan. Yang pertama jelas karena tuntutan pekerjaan. Alasan kedua adalah lebih praktis pas berantem di jalanan.
Kalangan inilah yang mempertahankan elemen dasar dari fashion. Mods. Mereka terus menggunakan jas berkancing tiga, kemeja/polo shirt bermerek Fred Perry dan Ben Shermans, celana Sta-Prest, dan juga jins Levi's. Semua itu dipadukan dengan fashion item yang biasa dipakai oleh kelas pekerja. Kayak sepatu boots Dt. Martens.
Selain itu, kaum Hard Mods ini juga banyak mengambil ide dari styfe-nya Rude Boy. Musik yang mereka dengarkan emang nggak jauh-jauh dari produk Jamaika. Kayak ska, soul, rocksteady dan reggae. Generasi awal Skinheads ini merupakan representasi kaum pekerja dan sama sekali nggak ada hubungannya sama pergerakan politik fasis ala Neo Nazi.

Tidak ada komentar: